Blue Economy

Latar Belakang

Ekonomi Biru (Blue Economy) adalah suatu konsep pengembangan perekonomian yang dikembangkan dan dipopulerkan pertama kali oleh Prof. Gunter Pauli. Aspek utama pendekatan Ekonomi Biru adalah:

  1. Kepedulian terhadap lingkungan.
  2. Pembangunan berkelanjutan.
  3. Emisi/pencemaran minimal, atau idealnya zero waste.
  4. Multiple cash flow.
  5. Mendorong inovasi.
  6. Terkait erat dengan sains dan teknologi.
  7. Pemberdayaan masyarakat dan partisipasi para pemangki kepentingan.

Pendekatan tersebut di antaranya bertujuan untuk mendorong terciptanya keamanan pangan (food security) yang semakin didambakan oleh semua negara mengingat pesatnya pertumbuhan penduduk dunia dan makin terbatasnya sumber pangan.

Seminar diselenggarakan dengan kerja sama Blue Economy Foundation pada Jumat, 26 Juni 2015 bertempat di Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK) Gedung B lt.2 ruang KB 203, Kampus UI Depok. Mengundang langsung Prof. Gunter Pauli selaku salah satu pelopor Blue Economy serta Dewi Smaragdina, S.E., M.Sc. selaku pendiri Blue Economy Foundation serta dimoderatori oleh Sonny Mumbunan, Ph.D., seminar ini telah menarik perhatian lima puluh lebih peserta dari berbagai kalangan, baik mahasiswa, swasta, LSM, dan pelajar. Dalam kesempatan khusus ini, Prof. Emil Salim ikut menghadiri seminar sebagai tamu.

File presentasi dari kedua narasumber dapat diunduh di sini. Tersedia juga notulensi keseluruhan seminar untuk diunduh.